Rabu, 31 Oktober 2012


Banyak perusahaan yang percaya bahwa kepuasan pelanggan adalah hal yang penting. Seperti tercemin dari visi, misi dan perencanaan bisnis yang mereka formulasikan. Nyatanya, komitmen ini sebagian hanya di atas kertas saja. Terlihat dengan tidak adanya komitmen untuk melakukan pengukuran kepuasan pelanggan. Pengukuran kepuasan pelanggan adalah wujud nyata dari komitmen perusahaan terhadap kepuasan pelanggan.
Jumlah perusahaan di Indonesia yang melakukan riset kepuasan pelanggan relatif masih kecil. Di antara perusahaan menengah dan besar di Indonesia ini, estimasi saya, hanya sekitar 10% yang melakukan riset kepuasan pelanggan.
Yang lebih menyedihkan adalah banyak perusahaan yang melakukan riset, tetapi tidak memanfaatkan hasilnya secara optimal. Ada sebagian perusahaan yang setelah mengetahui hasil riset, memikirkan sebentar dan menyimpan laporan ke dalam laci atau sebagai pajangan di lemari buku. Sebagian menggunakan laporan sebagai wacana untuk berdiskusi dan kemudian tidak ada program baru atau upaya baru untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam hal ini, perusahaan telah menghilangkan kesempatan untuk mengoptimalkan manfaat hasil riset.
Berdasarkan pengalaman melakukan riset untuk banyak perusahaan di Indonesia, ada 5 hal dalam mengoptimalkan manfaat hasil riset. Langkah pertama adalah melibatkan top management. Sebelum riset dilakukan, sangat penting atau bahkan harus, untuk meminta persetujuan dan dukungan dari top management. Bila top management masih ragu-ragu, lebih baik untuk menunda melakukan riset kepuasan pelanggan. Arti pentingnya hasil pengukuran kepuasan pelanggan, pada dasarnya, 50% tergantung dari komitmen top management.
Langkah kedua adalah melibatkan departemen yang terkait. Pengukuran kepuasan pelanggan seringkali melibatkan banyak departemen seperti departemen pemasaran, pelayanan, human resources, produksi, pengembangan bisnis dan bahkan keuangan. Dalam industri manufaktur, departemen R & D juga penting untuk dilibatkan. Semakin tinggi orientasi perusahaan terhadap pelanggan, semakin banyak pula departemen yang seharusnya terlibat. Kepuasan pelanggan adalah tanggung jawab dari semua departemen dan bukan hanya departemen yang sehari-harinya mengurusi pelanggan.
Ketiga, hasil riset harus mempunyai kredibilitas yang tinggi. Oleh karena itu, riset pengukuran kepuasan pelanggan, haruslah dilakukan dengan metode yang benar. Perusahaan sebenarnya dapat mengerjakan pengukuran riset sendiri bila mempunyai resources yang cukup, yaitu minimal beberapa peneliti yang menguasai metodologi penelitian, statistika dan konsep dasar kepuasan pelanggan. Bila secara internal tidak memungkinkan, adalah lebih baik untuk melakukan outsourcing kepada biro riset yang mempunyai kredibilitas. Tanpa kredibilitas, jangankan memanfaatkan hasilnya, untuk sekedar mendengarkan presentasi hasil risetnya-pun, mereka akan enggan. Beberapa departmemen bisa curiga bahwa hasil-hasil riset ini digunakan untuk mengevaluasi mereka dan bahkan pada tingkat kecurigaan yang lebih tinggi, mereka menganggap bahwa hasil riset ini digunakan untuk menjatuhkan departemen tertentu.
Keempat, hasil survei ini harus dipresentasikan dan disosialisasikan. Sangatlah penting, hasil-hasil dari riset ini dikomunikasikan hingga tingkat front-line staff. Merekalah yang sering bertemu dengan pelanggan setiap harinya. Dengan mengetahui hasil riset ini, akan lebih mudah untuk meningkatkan semangat melayani dari para front-line staff ini. Tak kurang pentingnya adalah juga mensosialisasikan hasil riset ini kepada mereka yang bekerja di back-office. Mereka juga mempunyai peran dalam menentukan kepuasan pelanggan.
Kelima, penyusunan program baru yang berdasarkan hasil riset ini harus dilakukan secepat mungkin. Paling lambat, satu bulan setelah hasil riset selesai, perusahaan harus siap dengan program kepuasan pelanggan setelah mengetahui seberapa jauh efektivitas program kepuasan pelanggan yang lama berdasarkan hasil riset. Pembuatan program ini harus dimulai dengan objektif yang akan dicapai seperti berapa besar tingkat kenaikan kepuasan pelanggan yang akan dicapai.
Keenam, agendakan jadwal pengukuran kepuasan pelanggan yang akan datang. Waktunya, tergantung dari kecepatan perubahan lingkungan bisnis dan seberapa banyak program yang direncanakan telah diimplementasikan. Pada umumnya, pengukuran kepuasan pelanggan yang berskala besar, dapat dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun. Untuk pengukuran seperti perilaku komplain, dapat dilakukan secara kontinyu.
Ketujuh, untuk memanfaatkan hasil pengukuran kepuasan pelanggan adalah menghubungkan hasil pengukuran kepuasan pelanggan ini dengan reward dari karyawan. Ini langkah yang biasanya sangat efektif. Mereka akan sangat antusias untuk menunggu hasil riset. Bila karyawan dapat menerima hasil ini sebagai dasar untuk mengukur reward mereka, maka hasil-hasil dari riset kepuasan pelanggan ini akan sangat besar peranannya. Harus diakui, kenyataan praktis menunjukkan bahwa sangatlah sulit untuk mengimplementasikan hal ini. Biasanya, perusahaan yang sudah mempunyai budaya memuaskan pelanggan yang panjang, sanggup melakukan hal ini.

kompor gas"QUANTUM"3 tungu
inovasi terbaru dari produsen kompor gas"QUANTUM"(PT.Aditec Cakrawiyasa) yang lebih elegan dan tentunya berkwalitas,spesifikasinya sbb;sistem penyalaanya sudah electrik sehingga lebih mudah dan halus saat dinyalakan caranya mudah tinggal tekan dan putar control knop/tombol knop lalu tekan tombol ignition maka kompor akan nyala praktis kan?pokoknya tinggal nut langsung nyala deh,selain itu bodynya terbuat dari stainless steel/mild steel powder coating sehingga lebih mudah untuk dibersikan, kompor gas"QUANTUM"ini juga dilengkapi dengan DIGITAL TIMER yang berfungsi sebagai pengigat dikala memasak saat ada keperluan lain yang mungkin akan anda kerjakan secara bersamaan dengan aktifitas memasak ,jadi anda tidak takut kalau masakan anda akan gosong.caranya mudah,dengan tekan tombol ON/OFF lalu setting dan sesuai dengan waktu memasak yang anda inginkan berapa MENIT/DETIK terus setelah itu maka timer akan berbunyi secara otomatis sebagai pengigat bahwa masakan anda sudah masak sesuai dengan MENIT/DETIK yang anda inginkan tadi.sekian dari saya untuk pemesana dan info share ke www.quantum-homeappliances.com

Sifat-Sifat Limbah Cair Industri
Berdasarkan persenyawaan yang ditemukan dalam air buangan industri, sifat limbah cair tersebut dapat dikategorikan berdasarkan karakteristik fisika, kimia, dan karakteristik biologinya. Pengamatan mengenai karakteristik ini penting untuk menetapkan jenis parameter pencemar yang terdapat di dalamnya. Sifat kimia dan fisika masing-masing parameter dapat menunjukkan akibat yang akan ditimbulkan terhadap lingkungan.
Berikut karakteristik yang dimiliki limbah cair industri.
1. Karakteristik fisik
Perubahan yang ditimbulkan parameter fisika dalam limbah cair industri, antara lain:
a. Padatan
Berasal dari bahan organik maupun anorganik, baik yang larut, meng-endap maupun yang berbentuk suspensi. Pengendapan di bagian dasar air akan mengakibatkan terjadinya pendangkalan pada badan dasar penerima, selain menyebabkan tumbuhnya tanaman air tertentu, seperti eceng gondok, juga berbahaya bagi makhluk hidup lain dalam air. Banyaknya padatan menunjukkan banyaknya lumpur yang terkandung dalam air limbah.
b. Kekeruhan
Kekeruhan menunjukkan sifat optis air yang menyebabkan pembiasan cahaya ke dalam air. Kekeruhan akan membatasi pencahayaan ke dalam air. Sifat ini terjadi karena adanya bahan yang terapung maupun yang terurai seperti bahan organik, jasad renik, lumpur, tanah liat, dan benda lain yang melayang maupun terapung. Nilai kekeruhan air dikonversikan ke dalam ukuran SiO, dalam satuan mg/l. Semakin keruh air, semakin tinggi daya hantar listrik dan makin tinggi pula kepadatannya.
c. Bau
Bau timbul karena adanya kegiatan mikroorganisrnie yang menguraikan zat organik untuk menghasilkan gas tertentu. Bau juga timbul karena reaksi kimia yang menimbulkan gas. Kuat lemahnya bau yang ditimbulkan bergantung pada jenis dan banyaknya gas yang dihasilkan.
d. Temperatur
Temperatur air limbah akan memengaruhi badan penerima apabila terdapat perbedaan suhu yang cukup besar. Temperatur juga dapat memengaruhi kecepatan reaksi kimia serta tata kehidupan dalam air.
Perubahan suhu memperlihatkan aktivitas kimia dan biologi pada benda padat dan gas dalam air. Pada suhu yang tinggi terjadi pembusukan dan penambahan tingkatan oksidasi zat organik.
e. Daya hantar listrik
Daya hantar listrik merupakan kemampuan air untuk mengalirkan arus listrik, yang tercermin dari kadar padatan total dalam air dan suhu pada saat pengukuran. Konduktivitas limbah cair dalam mengalirkan arus listrik bergantung pada mobilitas ion dan kadar yang terlarut di dalam limbah tersebut (senyawa anorganik > konduktor senyavia organik).
f. Warna
Warna timbul akibat terdapatnya suatu bahan terlarut atau tersuspensi dalam air, selain bahan pewarna tertentu yang mengandung logam berat.
2. Karakteristik kimia
Bahan kimia yang terdapat dalam air akan menentukan sifat air baik dalam tingkat keracunan maupun bahaya yang ditimbulkannya. Secara umum sifat air dipengaruhi oleh bahan kimia organik dan anorganik.
a. Bahan kimia organik
• karbohidrat dan protein
• minyak dan lemak
• pestisida,
• fenol,
• zat warna dan surfaktan
b. Bahan kimia anorganik
• klorida
• fosfor
• logam berat dan beracun
• nitrogen
• sulfur
3. Karakteristik biologi
• virus
Pengolahan Berdasarkan Tingkat Perlakuan
Menurut tingkatan prosesnya, pengolahan limbah dapat digolongkan menjadi beberapa. Namun, tidak berarti bahwa semua tingkatan harus dilalui karena pilihan tingkatan proses tetap bergantung pada kondisi limbah yang diketahui dari hasil pemeriksaan laboratorium. Dengan mengetahui jenis-jenis parameter dalam limbah, dapat ditetapkan.jenis peralatan yang dibutuhkan. Berikut beberapa tahapan pengolahan air limbah.
a. Prapengolahan (pretreatment)
Pada tahap ini, saringan kasar yang tidak mudah berkarat dan berukuran kurang lebih 30 x 30 cm untuk debit air 100 m persegi/jam sudah cukup baik. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, saringan dapat dipasang secara seri sebanyak dua atau tiga saringan. Ukuran messnya (besar lubang kawat tikus) dapat dibandingkan dengan kawat kasa penghalang nyamuk. Saringan tersebut diperiksa setiap hari untuk mengambil bahan yang terjaring. Contoh bahan-bahan yang terjaring dapat berupa padatan terapung atau melayang yang ikut bersama air. Bahan lainnya adalah lapisan minyak dan lemak di atas permukaan air.
b. Pengolahan primer (primary treatment)
Pada tahapan ini dilakukan penyaringan terhadap padatan halus atau zat warna terlarut maupun tersuspensi yang tidak terjaring pada penyaringan terdahulu. Ada dua metode utama yang dapat dilakukan yaitu pengolahan secara kimia dan fisika.
c. Pengolahan secara kimia dilakukan dengan cara mengendapkan bahan padatan melalui penambahan zat kimia. Reaksi yang terjadi akan menyebabkan berat jenis bahan padatan menjadi lebih besar daripada air. Tidak semua reaksi dapat berlaku untuk semua senyawa kimia (terutama senyawa organik).
d. Pengolahan secara fisika dilakukan melalui pengendapan maupun pengapungan yang ditujukan untuk bahan kasar yang terkandung dalam air limbah. Pengapungan dilakukan dengan memasukkan udara ke dalam air dan menciptakan gelembung gas sehingga partikel halus terbawa bersama gelembung ke permukaan air. Sementara itu, pengendapan (tanpa penambahan bahan kimia) dilakukan dengan memanfaatkan kolam berukuran tertentu untuk mengendapkan partikel-partikel dari air yang mengalir di atasnya.
kompor gas "QUANTUM"2 tungku



kompor gas dengan pematik mekanik dan burnernya terbuat dari kuningan sehingga mampu menghasilkan panas yang maksimal saat dipakai untuk memasak,dan tentunya waktu untuk memasak bisa lebih efisien
untuk body kompor juga di design tanpa sambungan sehingga lebih kuat menahan beban masakan selain itu bodynya juga tahan panas sehingga aman bila tersentuh bodynya,jadi itulah segala kelebihan dari kompor ''QUANTUM''selain hemat gas juga aman dan banyak lebihnya deh, sekian salam sepor untuk blogger mania

Kamis, 25 Oktober 2012

aman dan banyak lebihnya

kompor''QUANTUM''satu tungku.


kompor gas yang dilengkapi dengan ''MIT ( Mixed intelligent technology) technology yang mampu memaksimalkan percampuran udara dan gas yang terpakai saat memasak,sehingga menjadikan kompor ''QUANTUM''kompor hemat gas.